Judul Artikel: Pegertian jenis rangka motor
Link Artikel: Pegertian jenis rangka motor
Pegertian jenis rangka motor
() Jenis rangka pada kendaraan sepeda motor.Ditinjau dari segi bahan dan cara pembulatannya, kerangka sepeda motor dapat dibagi sebagai berikut:
a]. Pressed steel and tubular
Yaitu, rangka terbetuk dari kombinasi bahan baja dipres(lempengan) dan ditabahkan dengan bahan bentuk pipa. Pada pola ini umumnya jenis ini sering disebut juga dengan sebutan "T-bone" (tulang berbentuk T) dengan pola "berlian".
Contoh penerapan pada sepeda motor jepang, jenis:
• CB 100/125
• CG 110/125
• GL max/neo
Bagian pipa bawah tidak dihubungkan pada bagian rangka lain. Bentuk mesin menentukan bagian akhir dari struktur rangka. Pengikatan mesin pada rangka akan menambah kekuatan dari struktur sistim rangka ini. Penggunaan kerangka ini biasa diterapkan pada motor tipe sport. Disamping bentuk yang sederhana, juga ringan dan mudah dalam perawatannya.
b]. Pressed tubular
Yaitu, rangka yang terbentuk dari keseluruhan bahan pelat baja yang dipres (lempengan). Umumnya pada jenis ini memiliki pola yag disebut "Backone" bentuk tulang punggung.
Contoh penerapan pada kendaraan :
• C70/pitung
• Astrea
• S90, dan sebagainya.
![]() | |
contoh rangka sepeda motor sport |
c]. Tubular
Yaitu, rangka yang keseluruhan bahan terbentuk dari pipa. Pada umumnya jenis ini disebut "Double cradle" dan "Semi double cradle", bentuk ayunan.
Contoh penerapan pada sepeda motor jenis ini adalah:
• VR 125/250
• VT 250
• CB, dan lain-lain.
° Pola single cradle
Jenis rangka ini memiliki satu buah pipa bawah (down tube) dan satu pipa utama (main pipe) di bagian depan mesin. Struktur ini bagian-bagiannya rangka mengurung posisi dudukan mesin, penggunaan kerangka ini biasa ditemuai/digunakan pada sepeda motor jenis offroad atau motor cross (tril). Karena jenis kerangka ini mempuyai kekuatan dan ketahanan yang prima dan perawatanya cukup mudah.
° Pola double cradle
Jenis rangka ini hampir sama dengan jenis single cradle, haya di jenis ini memiliki dua buah pipa bawah( down tube). Bagian ini dapat menambah kekuatan pada sistim rangka. Keseluruhan bagian daei down tube ini dapat di lepas saat pelepasan dan pemasangan mesin, biasanya jenis rangka ini diterapkan pada motor jalanan jenis on road yang memiliki kapasitas CC mesin besar.
Pengayaan
1. Motor WIN menggunakan rangka jenis tubular dengan pola loop, bentuk belalang.
2. Motor Tiger menggunakan rangka jenis tubular dengan pola diamond, bentuk berlian.
3. Motor NSR 150 menggunakan jenis tubular pipa ganda, rangka pipa yang berbentuk segi empat atau persegi panjang akan memberikan kekuatan dan ketahanan terhadap tekanan. Biasanya rangka seperti ini digunakan pada kendaraan bermotor tipe sport on road/ sirkuit beraspal.
baca: Artikel terkait
Demikianlah Artikel Pegertian jenis rangka motor
Sekianlah artikel Pegertian jenis rangka motor kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Ambilah hal yang bermanfaat didalamnya dan tinggalkan hal yang tidak bermanfaat.
Artikel yang anda baca saat ini Pegertian jenis rangka motor link https://idekreatif88.blogspot.com/2015/11/pegertian-jenis-rangka-motor.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar