Breaking

Kamis, 03 Desember 2015

FUNGSI DAN KOMPONEN SISTEM SUSPENSI PADA KENDARAAN BERMOTOR

FUNGSI DAN KOMPONEN SISTEM SUSPENSI PADA KENDARAAN BERMOTOR - Kali ini Info Kreatif, Membagikan informasi yang mungkin bermanfaat untuk anda dengan judul FUNGSI DAN KOMPONEN SISTEM SUSPENSI PADA KENDARAAN BERMOTOR, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca baik itu info usaha maupun tips dan trik yang ada didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel otomotif, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul Artikel: FUNGSI DAN KOMPONEN SISTEM SUSPENSI PADA KENDARAAN BERMOTOR
Link Artikel: FUNGSI DAN KOMPONEN SISTEM SUSPENSI PADA KENDARAAN BERMOTOR

Baca juga


FUNGSI DAN KOMPONEN SISTEM SUSPENSI PADA KENDARAAN BERMOTOR

Fungsi Suspensi Pada Kendaraan

 Fungsi dan komponen sistem suspensi pada kendaraan bermotor
* Suspensi pada kendaraan terletak diantara body kendaraan dan roda-roda, sistem suspensi ini berfungsi untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata agar menambah kenikmatan saat berkendara.
* Suspensi dibagi menjadi beberapa macam yaitu suspensi tipe rigit (rigit axle suapension) dan tipe bebas (indepandent suspension).

* Komponen utama suspensi:

a. Pegas
b. Shock absorber
c. Suapension arm
d. Ball joint
e. Bushing karet
f. Strut bar
g. Stabilozer bar
h. Lateral control rod
i. Control arm
j. Bumper

suspensi rigit dan indepandent pada mobil
Gambar contoh suspensi rigit dan indepandent

@ Fungsi dari komponen tersebut:


a.1. Pegas (spring) berfungsi sebagai penyerap kejutan dari jalan dan getaran roda agar tidak diteruskan ke body kendaraan secara langsung.
Tipe pegas yaitu:
- pegas koil
- pegas daun
- pegas batang torsi

b.2. Shock absorber berfungsi untuk meredam askilasi dengan cepat agar kenyamanan berkendara terjamin dan kemampuan cengkram terhadap jalan.
- tipe shock absorber dibedakan menurut cara kerja, konstruksi dan medium kerjanya.
1, Menurut cara kerjanya:
• single action
• multiple action
2, Menurut konsruksinya:
• shock absorber tipe twin tube
• shock absorber tipe mono tube
3, Menurut cara kerjanya:
• shock absorber berisi gas
• shock absorber tipe hidraulis

c.3. Ball joint berfungsi sebagai sumbu putaran roda saat kendaraan membelok.

d.4. Stabilizer bar berfungsi untuk mengurangi kemiringan kendaraan akibat gaya sentrifugal pada saat kendaraan membelok.

e.5. Strut bar berfungsi untuk menahan lower arm agar tidak bergerak maju atau mundur pada saat menerima kejutan.

f.6. Leteral control rod berfungsi untuk menahan axle pada posisinya terhadap beban dari samping.

g.7. Bumper berfungsi sebagai pelindung frame, axle, shock asorber dan komponen lainya pada waktu pegas mengerut dan mengembang di luar batas maksimumnya.



Demikianlah Artikel FUNGSI DAN KOMPONEN SISTEM SUSPENSI PADA KENDARAAN BERMOTOR

Sekianlah artikel FUNGSI DAN KOMPONEN SISTEM SUSPENSI PADA KENDARAAN BERMOTOR kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Ambilah hal yang bermanfaat didalamnya dan tinggalkan hal yang tidak bermanfaat.

Artikel yang anda baca saat ini FUNGSI DAN KOMPONEN SISTEM SUSPENSI PADA KENDARAAN BERMOTOR link https://idekreatif88.blogspot.com/2015/12/fungsi-dan-komponen-sistem-suspensi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar