Breaking

Jumat, 17 Maret 2017

Cara Membuat Kolam Ikan Lele Yang Lebih Ekonomis

Cara Membuat Kolam Ikan Lele Yang Lebih Ekonomis - Kali ini Info Kreatif, Membagikan informasi yang mungkin bermanfaat untuk anda dengan judul Cara Membuat Kolam Ikan Lele Yang Lebih Ekonomis, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca baik itu info usaha maupun tips dan trik yang ada didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Usaha Budidaya, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul Artikel: Cara Membuat Kolam Ikan Lele Yang Lebih Ekonomis
Link Artikel: Cara Membuat Kolam Ikan Lele Yang Lebih Ekonomis

Baca juga


Cara Membuat Kolam Ikan Lele Yang Lebih Ekonomis



Kolam untuk budidaya lele mempunyai banyak bentuk dan juga macam. Begitu juga dari berbagai material yang dipakai. Sehingga para pembudidaya yang akan terjun ke dalam usaha ini dapat memilih jenis dan bentuk kolam yang sesuai dengan kebutuhan.

Kolam yang ekonomis menjadi pilihan terbanyak bagi seorang pembudidaya ikan. Karena dapat menekan biaya produksi awal yaitu fasilitas untuk melakukan usaha budidaya tersebut.

Cara membuat kolam ikan lele yang lebih ekonomis yaitu dengan menggunakan bahan bambu dan juga terpal. Jika dibandingkan dengan menggunakan kolam tembok atau beton terasa sangat menguras modal. Maka hal tersebut tidak cocok bagi pemula yang masih minim modal.


Alat dan bahan

- Terpal

- Bambu

- Paku

- Palu

- Tali tambang

- Gergaji

- Pipa ukuran 3"

- Pisau atau parang




Cara membuat :

● Potong bambu sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Belah bambu menjadi 6 bagian bila diameter bambu besar. Bila diameternya kecil cukup belah menjadi 4 bagian saja. Agar lebih kuat menahan tekanan air kolam.


● Serut bambu dengan pisau atau parang yang tajam. Untuk menghilangkan bagian tajam dari sisi belahan bambu. Sehingga lebih memudahkan pada saat merakit kontruksi kolam.


● Rakit bambu dengan di kunci menggunakan paku. Lakukan dengan hati-hati agar bilahan bambu yang sudah di ukur tidak pecah. Rakit seperti gambar dibawah





● Setelah itu buat patok yang berguna untuk menopang dinding kolam. Patok juga terbuat dari bambu utuh yang di potong sesuai ukuran kedalaman kolam. Karena kolam ini tidak di gali sehingga ukuran patok cukup dilebihi sepanjang 30 cm dari ukuran kedalaman kolam.
Semakin banyak patok semakin baik, karena mampu untuk menahan tekanan dari air kolam.


● Ratakan tanah pada permukaan yang akan digunakan sebagai dasar kolam. Beri saluran irigasi untuk tempat pipa pembuangan.


● Setelah patok dan rakitan dinding kolam sudah siap. Rakit kolam dengan bentuk persegi panjang atau persegi sesuai selera pada tanah yang sudah diratakan sebelumnya.
Buat lubang untuk patok yang agak dalam agar patok dapat tertancap kuat pada tanah. Lalu tempelkan dinding pada patok, kunci dengan ikatan tali tambang dan menggunakan paku.

Contoh seperti gambar




● Langkah selanjutnya adalah pemasangan terpal pada kontruksi kolam yang sudah jadi. Sebaiknya gunakan terpal meteran yang bisa dibeli dengan ukuran selera kita sendiri. Harganya cukup murah, selain itu dengan menggunakan terpal meteran maka bisa menentukan lebar dan luas kolam menurut kebutuhan lahan. Karena terpal meteran sendiri bisa di lem bila kurang lebar atau kurang panjang.


● Pasang terpal pada kontruksi kolam. Usahakan terpal tidak mengendur, karena dikhawatirkan bisa menyebabkan kebocoran. Sebelum memasang, periksa terlebih dahulu kondisi permukaan tanah. Jangan sampai ada batu atau kerikil yang tajam.


● Rapikan pada bagian pojokan kolam. Biasanya para pembudidaya tidak begitu memperhatikan hal ini pada saat pemasangan terpal. Padahal pemasangan terpal adalah hal yang sangat vital dan jangan sampai ada kesalahan. Bisa jadi bukannya kuat menahan tekanan air tapi malah membuat kolam bocor dan cepat mengering.


● Setelah pemasangan terpal selesai. Lanjut pada pemasangan saluran pembuangan yang terbuat dari pipa ukuran 3"


● Buat terlebih dahulu tempat pembuangannya. Berikan tanda menggunakan spidol atau sejenisnya. Lalu lubangi tepat pada tanda tersebut.

Contoh gambar




● Rakit pipa pembuangan dengan cara jepit lubang pada terpal yang sudah di lubangi sesuai tanda tersebut menggunakan pipa pembuangan. Pastikan sambungan pipa tidak bocor, sehingga kolam tidak kekeringan.

Contoh gambar




● Pipa saluaran pembuangan berada di luar dengan cara di tambahkan sambungan siku (L). Usahakan tinggi saluran pembuangan melebihi tanah sekitar agar tidak tertup tanah yang terbawa air pada saat musim hujan.

Contoh gambar



Contoh gambar




● Agar pembuangan mudah dilakukan, sebaiknya pipa yang digunakan tidak kurang dari 3". Sehingga debit air pembuangan bisa lebih tinggi.



Itulah cara ekonomis untuk membuat kolam ikan lele secara sederhana. Semoga dapat membantu.


Demikianlah Artikel Cara Membuat Kolam Ikan Lele Yang Lebih Ekonomis

Sekianlah artikel Cara Membuat Kolam Ikan Lele Yang Lebih Ekonomis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Ambilah hal yang bermanfaat didalamnya dan tinggalkan hal yang tidak bermanfaat.

Artikel yang anda baca saat ini Cara Membuat Kolam Ikan Lele Yang Lebih Ekonomis link https://idekreatif88.blogspot.com/2017/03/cara-membuat-kolam-ikan-lele-yang-lebih.html

3 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya,dan jangan lupa kunjungi kami di https://goo.gl/RxfVnu

    BalasHapus
  2. INDOTERPAL adalah distributor dan produsen terpal dan tenda “ready made” terdepan dan terunggul di jakarta dengan produk dan kualitas terbaik dan termurah. Dengan pengalaman bisnis dibidang terpal dan tenda lebih dari 15 tahun kami memastikan anda sebagai pelanggan untuk memperoleh jaminan pelayanan dan kepuasan dari kami.

    Beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh dengan menjadi customer kami adalah produk yang bervariasi, terjamin, harga kompetitif . Semua harga produk terpal dan tenda kami sudah mencakup biaya produksi serta FREE delivery untuk wilayah JABODETABEK (*)

    Produk kami mencakup terpal plastik siap pakai, terpaulin, cover truk, cover kapal, cover mesin, tenda cafe, tenda kerucut / tenda sarnavil, tenda peleton / tenda penampungan, tenda lipat, jaring anggrek, polynet, waring, tambang PE / PP, plastik cor, kantung jenazah, dsb-nya.

    Untuk informasi
    Bisa email ke tommyindoterpal@gmail.com
    Mobile:0813-8061-3685

    BalasHapus
  3. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7916589-tanaman-yang-sehat-dan-disukai-ayam-jago-aduan

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

    https://www.sateayam.pro/
    https://m1.hj128.pw
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita


    BalasHapus