Breaking

Rabu, 15 Maret 2017

Penyakit Pada Tanaman Tomat Dan Cara Tepat Mengatasinya

Penyakit Pada Tanaman Tomat Dan Cara Tepat Mengatasinya - Kali ini Info Kreatif, Membagikan informasi yang mungkin bermanfaat untuk anda dengan judul Penyakit Pada Tanaman Tomat Dan Cara Tepat Mengatasinya , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca baik itu info usaha maupun tips dan trik yang ada didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Tanaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul Artikel: Penyakit Pada Tanaman Tomat Dan Cara Tepat Mengatasinya
Link Artikel: Penyakit Pada Tanaman Tomat Dan Cara Tepat Mengatasinya

Baca juga


Penyakit Pada Tanaman Tomat Dan Cara Tepat Mengatasinya




Dalam membudidayakan tomat tentu jalan yang ditempuh sampai waktu panen tidak akan semulus yang di inginkan.

Banyak sekali penyakit yang membuat tanaman tomat tidak produktif.

Diantaranya :



1. Penyakit layu bakteri



Ciri-ciri penyakit ini adalah daun yang menguning lalu kering. Dan tanaman tomat menjadi layu. Jika dibiarkan, virus dari bakteri ini akan menjalar ke tanaman yang lain.

Cara mengatasinya adalah dengan cara mencabut tanaman tomat yang terserang penyakit layu bakteri. Lalu bakar atau di kubur agar tidak menular.




2. Penyakit keriting daun



Ciri-ciri tanaman tomat yang terserang penyakit ini adalah sebagian ujung daun berwarna kuning, ujung daun keriting dan akhirnya menjadi layu.

Penyakit ini disebabkan oleh virus Gemini. Penularan juga bisa terjadi bila tidak diatasi dengan cepat. Penularan terjadi karena serangga vektor yang berpindah dari satu tanaman ke tanaman lain dan membawa virus Gemini.

Cara mengatasinya yaitu dengan cara mencabut dan membakarnya. Jangan sampai virus ini menular pada tanaman tomat yang ain. Karena bisa berakibat vatal.




3. Penyakit busuk daun



Ciri-ciri tanaman yang terserang penyakit busuk daun adalah adanya bercak-bercak kuning pada daun dan tangkai daung.
Virus yang menyerangnya adalah virus Cendawan. Atau sering di sebut dengan penyakit Cendawan Phythopthora.

Jika di biarkan maka proses fotosintesis tanaman akan terganggu dan berkibat pada penurunan hasil produksi.

Cara mengatasinya adalah dengan mencabut lalu membakar atau menguburnya.




4. Penyakit kapang daun



Ciri-ciri tanaman tomat yang terserang penyakit ini adalah daun memiki bercak-bercak keputihan. Yang biasanya menyerang pada bagian paling atas. Namun lama-kelamaan akan menyebar ke semua bagian tanaman termasuk batang.

Penyebab dari penyakit ini adalah Cendawa Fulvi fulva.
Cara mengatasinya yaitu cukup dengan mencabut dan menguburnya. Usahakan jauh dari tanaman yang masih sehat agar tidak terjadi penularan.




5. Penyakit busuk buah



Ciri-ciri tanaman yang terserang penyakit ini adalah dengan adanya bercak hitam di ujung buah. Jika di biarkan, lama kelamaan bercak tersebut membesar dan membuat cekungan hitam. Dan membuat buah tomat menjadi busuk sebagian.

Penyebab penyakit ini adalah Cendawa Thanatephrus Cucumeris donk. Yang dapat menular pada buah lain.
Selain itu, penyebab lainnya adalah intensitas air hujan atau penyiraman yang terlalu berlebih.

Cara mengatasinya petik buah yang terjangkit dengan cara memotongnya dengan gunting atau benda tajam lainnya. Lalu membuangnya agar tidak terjadi penularan yang lebih lanjut.




6. Trhips



Ciri-ciri tanaman tonat yang terserang penyakit Trhips adalah daun yang memiliki bercak putih. Jika dibalik banyak sekali serangga. Serangga itulah yang dinamakan sebagi Trhips.

Serangga ini menghisap cairan yang ada pada daun. Jika di biarkan maka akan menyebar kemana-mana dan mengakibatkan tanaman tomat menjadi mati.

Cara mengatasinya yaitu dengan menyemprotkan insektisida terhadap tanaman tomat.
Insektisida yang dapat digunakan adalah Catez, Bamex, Demolish dan sebagainya.




7. Ulat buah



Ciri-ciri buah tomat yang terserang penyakit ini adalah munculnya lubang hitam keci di sekitar buah tomat. Yang lama-kelamaan akan membesar dan membuat buah tomat menjadi busuk.

Ulat yang menyerang berwarna hitam dengan panjang 3 cm.
Cara mengatasinya yaitu dengan cara menyemprotkan insektisida dengan dosis sesuai aturan. Serta petik buah yang sudah terjangkit penyakit tersebut.


Itulah macam-macam penyakit yang sering ditemui pada budidaya tomat. Semoga dapat membantu dan sukses dalam budidaya buah tomat.


Demikianlah Artikel Penyakit Pada Tanaman Tomat Dan Cara Tepat Mengatasinya

Sekianlah artikel Penyakit Pada Tanaman Tomat Dan Cara Tepat Mengatasinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Ambilah hal yang bermanfaat didalamnya dan tinggalkan hal yang tidak bermanfaat.

Artikel yang anda baca saat ini Penyakit Pada Tanaman Tomat Dan Cara Tepat Mengatasinya link https://idekreatif88.blogspot.com/2017/03/penyakit-pada-tanaman-tomat-dan-cara.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar