Breaking

Kamis, 20 April 2017

Inilah Jenis Sapi Yang Paling Cepat Untuk Di Gemukan

Inilah Jenis Sapi Yang Paling Cepat Untuk Di Gemukan - Kali ini Info Kreatif, Membagikan informasi yang mungkin bermanfaat untuk anda dengan judul Inilah Jenis Sapi Yang Paling Cepat Untuk Di Gemukan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca baik itu info usaha maupun tips dan trik yang ada didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Usaha ternak, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul Artikel: Inilah Jenis Sapi Yang Paling Cepat Untuk Di Gemukan
Link Artikel: Inilah Jenis Sapi Yang Paling Cepat Untuk Di Gemukan

Baca juga


Inilah Jenis Sapi Yang Paling Cepat Untuk Di Gemukan



Banyak sekali jenis sapi yang bisa diternakan. Baik untuk hewan potong maupun peranakan atau investasi. Untuk tujuan penggemukan, maka harus memilih jenis sapi yang cocok untuk proses penggemukan.
Yang artinya jenis sapi yang paling cepat gemuk. Sehingga akan lebih menguntungkan bagi peternak.


Berikut ini beberapa jenis sapi terbaik yang cepat untuk di gemukan :



1. Sapi Limousin

Sapi ini berasal dari perancis. Yang memiliki postur tubuh sangat besar.
Untuk sapi jantan saja mampu memiliki bobot hingga 1.200 kg.
Sedangkan untuk mencapai bobot rata-rata 1.000 kg dibutuhkan waktu pemeliharaan hanya sekitar 4 tahun saja.
Namun dengan pakan yang berkualitas.
Pertumbuhan berat badan perhari bisa diatas 1 - 1,5 kg lebih.



2. Sapi Siemental

Sapi ini berasal dari daerah Simme di negara Switzerland (Swiss). Merupakan sapi tipe besar, mempunyai volume rumen yang besar, voluntary intake (kemampuan menambah konsumsi diluar kebutuhan yang sebenarnya) yang tinggi dan metabolic rate yang cepat, sehingga menuntut tata laksana pemeliharaan yang lebih teratur.

Bobot untuk sapi jantan dapat mencapai 1.140 kg dan untuk betina berkisar 600 - 800 kg. Sementara pertambahan bobot rata-rata tiap harinya mencapai 1,5 - 2,1 kg.



3. Sapi Persilangan Limousin Dengan Siemental

Dari kedua sapi tersebut tentu keduanya memiliki kelemahan dan kelebihan. Oleh karena itu di silangkan dengan kawin suntik atau insemenasi buatan.

Peranakan yang dihasilkan memiliki tinggi badan mencapai 165 cm, bobot badan mencapai 1,2 ton, warna kulit kecoklatan, dan bentuk badan panjang.

Sementara pertumbuhan bobot badan tiap harinya berkisar 1.0 – 1.5 kg dan kualitas dagingnya agak berlemak dengan karkas sekitar 50 – 57%.




4. Sapi Peranakan Ongole

Sapi ini merupakan hasil persilangan dari sapi jawa dengan sapi sumba ongol.
Dari kedua persilangan tersebut menghasilkan sapi dengan kualitas yang lebih baik.

Tubuhnya mirip dengan sumba onggol, hanya saja tinggi tubuh sedikit lebih pendek yaitu 150 cm dan bobot badannya sekitar 450 – 500 kg.
Pertumbuhan bobot badannya tiap hari sekitar 0.6 – 1.0 kg, mudah beradaptasi di lingkungan yang panas dan pakan hijauan yang beragam




5. Sapi Bali

Sapi Bali merupakan jenis sapi yang berasal dari banteng jawa yang dijinakkan. Sehingga mengalami perubahan pola hidup dan juga bobot serta ukuran tubuh.

Tinggi badan sapi bali kira-kira 130 cm dan berat badannya berkisar 250-450.
Sapi ini sangat pontensial untuk digemukkan. Karena pertambahan bobot badan dapat mencapai 0,7 kg/hari.
Persentase karkas berdasarkan penelitian  berkisar antara 51,5-59,8%.


Sapi Bali juga merupakan sapi primadona pada saat hari raya qurban di wilayah DKI Jakarta.


Baca juga : Pakan Terbaik Ternak Sapi Untuk Penggemukan


Itulah beberapa jenis sapi yang baik dan cepat untuk proses penggemukan. Dan sapi yang sangat potensial untuk usaha peternakan.


Demikianlah Artikel Inilah Jenis Sapi Yang Paling Cepat Untuk Di Gemukan

Sekianlah artikel Inilah Jenis Sapi Yang Paling Cepat Untuk Di Gemukan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Ambilah hal yang bermanfaat didalamnya dan tinggalkan hal yang tidak bermanfaat.

Artikel yang anda baca saat ini Inilah Jenis Sapi Yang Paling Cepat Untuk Di Gemukan link https://idekreatif88.blogspot.com/2017/04/inilah-jenis-sapi-yang-paling-cepat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar