Breaking

Kamis, 16 Maret 2017

Masih Untungkah Budidaya Ikan Lele ??

Masih Untungkah Budidaya Ikan Lele ?? - Kali ini Info Kreatif, Membagikan informasi yang mungkin bermanfaat untuk anda dengan judul Masih Untungkah Budidaya Ikan Lele ??, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca baik itu info usaha maupun tips dan trik yang ada didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Usaha Budidaya, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul Artikel: Masih Untungkah Budidaya Ikan Lele ??
Link Artikel: Masih Untungkah Budidaya Ikan Lele ??

Baca juga


Masih Untungkah Budidaya Ikan Lele ??




Pembudidaya ikan lele semakin hari semakin membludak. Banyak sekali masyarakat yang berbondong-bondong untuk memulai usaha budidaya ini. Selain mudahnya teknis pembudidayaan, usaha ini termasuk ke dalam usaha modal kecil. Sehingga membuat usaha ini memiliki nilai plus tersendiri bagi para wirausaha pemula.

Usaha budidaya lele bukan hanya di kembangkan oleh masyarakat namun sudah merambah ke berbagai instansi. Baik koperasi dan juga kelompok ternak atau kelompok tani.

Semakin banyaknya yang menggeluti usaha ini, tentu hasil produksi ikan lele pun akan semakin melimpah. Sehingga setiap harinya tidak sampai kehabisan stok.

Dengan banyaknya hasil yang di dapatkan, tentu muncul sebuah pertanyaan baru.


Masih untungkah membudidayakan ikan lele ??


Pertanyaan ini didasari atas melimpahnya stok ikan lele di pasar. Seperti hukum penawaran, dimana tersedia banyak barang maka harga barang tersebut akan murah.
Hal ini tentu juga berlaku pada ikan lele.


Apa jadinya bila semakin hari semakin banyak ikan lele ??


Pertanyaan yang sulit dan harus dijawab oleh seorang pemula yang akan terjun pada usaha budidaya lele.

Ada 2 kemungkinan yang akan terjadi apabila stok ikan lele melimpah.


1. Dampak positif

Munculnya berbagai masakan yang menggunakan ikan lele. Karena bahan baku yang melimpah dan harganya ekonomis. Sehingga akan semakin menguntungkan.



2. Dampak Negatif

Harga ikan lele akan anjlok. Sehingga tidak sedikit para pembudidaya ikan lele yang merugi dan harus memutar otak untuk mempertahankan usaha budidayanya.





Jika dilihat dari jumlah penduduk yang ada di Indonesia, menurut grafik diatas tahun 2013. Tentu akan membuka peluang pasar dari ikan lele ini.
Apalagi ikan ini adalah ikan yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Maka kemungkinan pasokan ikan lele masih belum mencukupi untuk kebutuhan pasar. Ditambah dengan gerakan pemerintah untuk gemar makan ikan.

Jika dalam suatu wilayah, katakanlah tempat tinggal anda sudah ada kolam ikan lele dengan jumlah yang sangat banyak. Maka kemungkinan besar anda akan malas untuk membudidayakannya, karena sudah terlalu banyak pesaing.
Untuk itu, langkah yang tepat adalah dengan menjadi penyedia perlengkapan budidaya lele. Seperti pakan dan segala macam kebutuhan budidaya.

Selain itu bisa saja anda membuka rumah makan dengan berbahan dasar ikan lele. Misal abon lele yang saat ini belum begitu populer.
Atau bisa juga menjadi pengepul ikan lele. Sehingga dengan cara tersebut usaha budidaya lele masih tetap menguntungkan bagi anda. Walaupun anda tidak membudidayakannya.

Opsi lain apabila masih bersikeras akan membudidayakan-nya sendiri yaitu dengan cara mencari pengepul yang siap menampung berapapun jumlah ikan lele hasil panen. Dengan harga yang telah disepakati. Tentunya yang menguntungkan kedua belah pihak.

Atau bisa juga mengatasi masalah pakan dengan cara membuat pakan alternatif untuk menekan biaya produksi atau biaya pemeliharaan. Untuk mengantisipasi harga ikan lele yang anjlok di tambah harga pakan lele yang melambung. Tentu hal seperti ini menyebabkan usaha budidaya lele akan gulung tikar.

Baca juga : 4 Pakan Alternatif Lele Selain Pelet Untuk Menambah Keuntungan


Jika pertanyaan masih untung atau tidak, dilihat dari sudut pandang yang luas. Usaha budidaya lele masih menguntungkan. Asalkan menggunakan cara yang tepat serta proses pemasaran yang lancar dan stabil. Dan juga mampu mengatasi kenaikan harga pakan yang sudah tidak bersahabat.


Demikianlah Artikel Masih Untungkah Budidaya Ikan Lele ??

Sekianlah artikel Masih Untungkah Budidaya Ikan Lele ?? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Ambilah hal yang bermanfaat didalamnya dan tinggalkan hal yang tidak bermanfaat.

Artikel yang anda baca saat ini Masih Untungkah Budidaya Ikan Lele ?? link https://idekreatif88.blogspot.com/2017/03/masih-untungkah-budidaya-ikan-lele.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar