Breaking

Rabu, 28 Juni 2017

Apa Itu SEO ? Pengertian Dan Panduan SEO Dasar Untuk Pemula

Apa Itu SEO ? Pengertian Dan Panduan SEO Dasar Untuk Pemula - Kali ini Info Kreatif, Membagikan informasi yang mungkin bermanfaat untuk anda dengan judul Apa Itu SEO ? Pengertian Dan Panduan SEO Dasar Untuk Pemula, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca baik itu info usaha maupun tips dan trik yang ada didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel belajar seo, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul Artikel: Apa Itu SEO ? Pengertian Dan Panduan SEO Dasar Untuk Pemula
Link Artikel: Apa Itu SEO ? Pengertian Dan Panduan SEO Dasar Untuk Pemula

Baca juga


Apa Itu SEO ? Pengertian Dan Panduan SEO Dasar Untuk Pemula


apa itu SEO ?

kata kunci inih yang sering di cari di mesin pencari seperti google bing dan yahoo dan mesin pencari lain oleh pemula atau pemilik blog/websait yang ingin mengetahui cara kerja seo/belajar seo.

..dan kebanyakan mereka bingung setelah mengetahui secara detail cara kerja seo yang rumit dan susah, jelas karena seo tidak ada dalam pelajaran masa sekolah dulu, seakan akan malas melanjutkankan keingintahuannya dan mengangap seperti barang asing.

kenapa bisa begini..?

jelas karena seo bukan ilmu pasti..dengan tetek bengek nya yang dirasa susah untuk di pelajari.

yang saya maksud bukan ilmu pasti, seperti inih saat kita menerapkan seo di dalam websait, semua nya belum tentu bisa jadi relevan untuk websait nya karena tidak semua websait harus memakai trik seo inih.

knpa..?

....jelas teknik seo inih hanya untuk websait yang mencari pemirsa organik atau dari search engine jadi seo tidak perlu di terapkan untuk websait/blog yang isi nya.
  • cerita fiksi.
  • humor hiburan.
blog yang isi nya cerita fiksi dan humor jelas sangat jarang bahkan tidak ada orang mencari di search engine, jadi jika blog atau websait anda berisi cerita fiksi dan humor maka anda tidak usah repot repot tau yang nama nya seo.

tapi jika anda menginginkan pemirsa dari pencarian organik atau search engine maka anda perlu tau teknik seo inih, tapi cukup tau dasar nya saja tanpa perlu mendalami ilmu seo inih knpa..? biar anda bisa punya waktu untuk membuat konten yang berkualitas ketimbang sibuk sibuk memikirkan seo tapi konten tidak anda pikirkan.

konten anda yang berkualitas itu faktor utama anda bisa menjadi nomer satu di search engine seperti google bing dan lain lain search engine, teknik seo inih hanya sedikit membantu.

karena cukup mengetahui dasar nya saja anda sudah tau kearah mana seo itu tertuju..

intinya belajar seo dasar sudah cukup tanpa harus anda mempelajari lebih jauh tentang seo, kenapa ? karena mesin pencari saat inih sangat pintar dalam menilai struktur halaman dan kualitas websait jadi mustahil tanpa konten yang berkualitas bisa jadi nomer satu di search engine...

lalu seo dasar apa yang harus di pelajari untuk pemula..?

ada 2 hal PENTING dalam seo yaitu ..
  • SEO on page
  • SEO off page
saya bahas nanti, tapi sebelum saya lanjutkan mengenai seo dasar inih anda harus sudah benar benar tau mengenai kerja seo terhadap blog/websait dan apa itu seo.?

apa itu SEO.. singkatan dari seacrh engine optimization/ pengoptimalan terhadap mesin pencari atau usaha mengoptimasi blog/websait untuk mesin pencari agar bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari/search engine.

contoh kecilnya seperti inih...jika anda mencari sesuatu di search engine seperti google maka akan keluar websait websait yang relevan di halaman pertama, mesin pencari mengurutkan daftar pencarian bukan secara acak tapi berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas konten websait nya, contoh nya seperti gambar berikut inih.


dilihat dari gambar di atas google atau mesin pencari memberi urutan websait yang relevan untuk yang dicari user dengan kata kunci tools untuk keperluan ngeblog.

konsep dasar SEO seperti inih.. google dan mesin pencari lainya adalah sebuah bisnis dan mereka ingin orang puas dengan layanan produk mereka.

penguna jelas menginginkan konten websait yang relevan yang muncul di halaman pertama pencarian, maka dari itu mesin pencari seperti google dan lain lain search engine ingin menampilkan hasil yang terbaik untuk kata kunci yang di cari user/penguna.

jadi intinya SEO itu ingin menjadikan blog/websait anda yang terbaik dengan kata kunci yang anda inginkan.

..sampai disini anda sudah tau cara kerja SEO dan apa itu SEO. jadi mari kita lanjutkan untuk 2hal terpenting seo yang harus anda ketahui.

1, SEO On Page.

hal utama yang paling penting dalam SEO adalah optimasi seo on page, seo on page adalah mengoptimasi konten dan halaman untuk mesin pencari.

seo on page adalah salah satu faktor teroptimasi atau tidak nya blog/websait terhadap mesin pencari dan dilihat dari dalam websait itu sendiri, berarti anda harus mengoptimasi di dalam blog/websait anda sendiri.

mengoptimasikan bertujuan agar mesin pencari tau apakah blog/websait anda benar benar relevan dengan yang dicari penguna/user, maka dari itu kuncinya ada dua hal yang penting dalam optimasi seo on page inih yaitu...
  • kualitas konten.
  • relevan dan berguna untuk user atau penguna.
konten adalah faktor utama yang paling penting dalam teroptimasi terhadap mesin pencari ( search engine ) .

...dan berikut inih adalah komponen di dalam websait anda yang harus anda optimasikan..
  • konten yang berkualitas
  • keyword/kata kunci yang tepat sasaran
  • judul yang mengundang klik
  • url link yang singkat tapi deskriptif
  • gambar yang optimal
  • deskripsi yang mengundang klik
  • link antar halaman
  • mengunakan tag heading dengan baik ( H1,H2,H3,H4,H5,H6 )
  • sosial media sharing
  • kecepatan websait
  • responsive mobile frendly.
konten yang berkualitas tinggi.. seperti yang saya katakan di atas tadi bahwa konten adalah hal utama dari strategi seo inih, sangat mustahil jika konten tidak berkualitas bisa jadi nomer satu di search engine maka dari itu intinya buatlah konten yang berkualitas agar bisa menjadi nomer satu dimesin pencari.

keyword atau kata kunci.. saat penguna mencari di mesin pencari seperti google, maka google akan memberi beberapa keyword yang di cari user/penguna, semakin relevan keyword semakin tinggi peringkat nya.

...jadi keyword juga salah satu yang harus anda optimasikan di dalam websait anda.

cara nya dengan menyertakan keyword di judul konten dan url/link.

dengan anda memasukan keyword di dalam judul konten dan url maka pengunjung akan memahami isi di dalam halaman konten anda..

judul yang mengundang klik.. cara yang paling tepat mengoptimasi judul yaitu menyertakan keyword utama yang di incar..

saya beri contoh kecil nya, misal nya ingin membuat konten tentang usaha rumahan lalu keyword utama nya usaha rumahan, maka agar mengundang klik di tambahkan menjadi usaha rumahan yang menjanjikan.

judul adalah halaman yang utama yang di lihat oleh user/penguna jika judul anda mengundang klik maka pengunjung akan lebih banyak memilih.

jadi begitu judul juga harus anda optimasikan..

url yang singkat tapi deskriptif...url memang tidak berpengaruh besar terhadap mesin pencari tapi url yang mengandung keyword utama akan mempengaruhi peringkat di hasil pencarian..

saya kasih contoh url yang baik dan relevan.
  • http://massheru.id/2017/06/cara-optimasi-seo-on-page.html
dan seperti itu mengoptimasi url yang singkat dan deskriptif..

pengunaan gambar yang optimal... gambar salah satu faktor agar pengunjung tidak bosan, jika konten tidak memakai gambar pasti sangat membosankan maka dari itu gambar juga harus anda optimalkan..

jadi pengunaan gambar di dalam konten/artikel harus seperti inih..
  • gunakan gambar yang berhubungan dengan konten
  • kompres gambar supaya optimal
  • gunakan propetis pada gambar.
itulah pengunaan gambar yang harus anda optimasi..
deskripsi yang mengundang klik.. meta deskripsi memang tidak mempengaruhi rangking konten anda, tapi tidak ada salah nya kalo deskripsi juga di optimasi.

deskripsi yang mengundang klik memungkinkan pengunjung lebih banyak yang mengunjungi websait/blog anda.

intinya semakin banyak klik semakin tingi juga peringkat websait anda di mesin pencari.

memberi link antar halaman di dalam konten/artikel.. banyak faktor yang membuat pengunjung blog anda hanya sebentar di dalam websait anda salah satu faktor nya seperti inih..
  • kualitas konten tidak memberikan manfaat.
  • navigasi yang sulit
logika nya begini pengunjung tidak betah lama lama di dalam websait anda, otomatis websait anda tidak akan bisa mendapatkan peringkat tinngi.

inti nya link ke halaman lain dalam konten anda sangat penting agar permudah navigasi konten anda.

mengunakan tag heading yang benar.. tag heading juga harus anda perhatikan dalam mengoptimasi blog, pengunaan tag heading juga ada aturan nya jadi tidak sembarang, berikut inih adalah urutan tag heading yang benar.
  1. tag heading H1, pemakain heading h1 harus di gunakan untuk judul artikel saat di halaman artikel.
  2. tag heading H2, pemakaian heading h2 harus di gunakan untuk judul artikel pada halaman beanda/home dan nama blog di halaman artikel .
  3. tag heading H3, heading h3 sebaiknya digunakan untuk judul widget.
  4. tag heading H4, heading h4 sebaiknya digunakan untuk bagian jumlah komentar di blog.
  5. tag heading H5, heading h5 untuk nama pemberi komentar di blog.
  6. tag heading H6, pemakaian heading h6 sebaiknya untuk credit link seperti POWERED BY BLOGGER.
kira kira seperti itu mengatur tag heading yang benar dimata seo dan pasti nya ramah tehadap mesin pencari.

sosial media sharing... berguna untuk anda membagikan konten anda di media sosial dan tidak hanya itu pengunjung yang menurut dia konten itu berkualitas dan bermanfaat pasti pengunjung juga akan merekomendasikan konten anda untuk di share di sosial media..

kecepatan websait.. websait yang lola akan di tingal pengunjung tapi sebalik nya jika kecepatan websait anda bagus itu akan mendapat kan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

anda bisa cek kecepatan websait anda di sini..pagespeed insights adalah tools dari google untuk mengetes kecepatan websait.

mobile frendly atau responsive... yang inih penting kebanyakan sekarang pengunjung memakai ponsel untuk browsing di internet, jika websait anda tidak responsive siap siap anda di tingal pengunjung blog/websait anda.

untuk mengetes responsive anda bisa mengetes nya disini responsinator

...dan seperti itulah di dalam websait anda yang harus anda optimasikan..

jadi optimasi seo on page adalah hal yang utama yang harus anda lakukan dalam strategi seo.

untuk 2hal terpenting dalam seo tadi sudah saya terangkan mengenai seo onpage dan berikut nya adalah seo off page.

2. SEO Off Page.

berbeda dengan seo onpage yang mengoptimasi di dalam websait seo off page sebaliknya yaitu mengoptimasi di luar websait itu sendiri, optimasi seo off page dilakukan dengan cara membangun link atau backlink dari situs lain menuju blog/websait.

..dan berikut inih adalah jenis link yang biasa di bangun untuk meningkatkan popularitas websait..
  • link dari sosial media seperti..( facebook, google+ twiiter dan lain lain )
  • link yang berasal dari forum online seperti ( forum detik wikipedia dan lain lain )
  • link dari websait lain yang suka rela mengasih baclink hal inih tercipta jika kualitas konten berkualitas.
sampai saat inih beclink masih memegang faktor utama popularitas sebuah websait.

sampai disini anda sudah mengetahui apa itu SEO, cara kerja SEO terhadap websait, dan dua hal penting dalam seo.

selanjutnya tingal anda terapkan di dalam websait anda jika websait anda membutuhkan banyak trafik dari mesin pencari ( search engine ).

kesimpulan.. di dalam seo sebenarnya masih banyak strategi strategi nya tapi saya kasih tau seo dasar dan penting nya saja dalam seo inih, intinya dari semua strategi seo tidak akan bisa berjalan sesuai keinginan tanpa adanya konten yang berkualitas, jadi buatlah konten yang berkualitas agar bisa menjadi nomer satu di search engine, strategi seo hanya sedikit membantu..

semoga bermanfaat..


Demikianlah Artikel Apa Itu SEO ? Pengertian Dan Panduan SEO Dasar Untuk Pemula

Sekianlah artikel Apa Itu SEO ? Pengertian Dan Panduan SEO Dasar Untuk Pemula kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Ambilah hal yang bermanfaat didalamnya dan tinggalkan hal yang tidak bermanfaat.

Artikel yang anda baca saat ini Apa Itu SEO ? Pengertian Dan Panduan SEO Dasar Untuk Pemula link https://idekreatif88.blogspot.com/2017/06/apa-itu-seo-pengertian-dan-panduan-seo.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar